Pemanfaatan Jaringan Internet Dalam Bimbingan Konseling
PEMANFAATAN APLIKASI MEDIA
SOSIAL(FACEBOOK,TWITTER,WA & YAHOO MESENGGER) SEBAGAI PROSES LAYANAN
KONSELING
A. Pemanfaatan
Internet Secara Umum
Internet sendiri berasal dari
kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih
yang saling berhubungan kemudian membentuk jaringan komputer hingga meliputi
jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan juga
saling bertukar informasi. Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu
pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat
jutaan (bahkan milyaran) informasi atau datayang dapat berupa teks, grafik,
audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Internet
merupakan jaringan global yang menghubungkan beribu-ribu bahkan berjuta-juta
komputer lokal (local/wide area
network) dan komputer pribadi (standalone), yang memungkinkan setiap
komputer terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain.
Penggunaan internet pada saat ini
sudah tidak menjadi barang asing lagi. Kemudahan akses dan peralatan yang
digunakannya pun semakin terjangkau. Selain warnet, modem yang kian murah,
tempat-tempatwifi area pun semakin menjamur dimana-mana, terlebih lagi
fasilitas smartphone dan gadget yang canggih sudah banyak
digunakan orang untuk dipergunakan untuk berselancar di dunia maya. Berbagai
aspek dari dampak penggunaan, internet telah memberikan berbagai layanan dan
kemudahan yang dapat diaplikasikan dalam kepentingan hidup manusia.
Fasilitas aplikasi internet cukup
banyak sehingga mampu memberi dukungan bagi kepentingan militer, akademisi,
media massa, bisnis dan atau bahkan semua aspek dalam kehidupan manusia. Fasilitas internet tersebut seperti Telnet,
Gopher, WAIS, E-mail, MailingList (milis), Newsgroups, FileTrasferPropocol
(FTP), Internet RelayChat (Chatting), World Wide Web (www), Weblog, Tweeter,
Facebook dan lain- lain.
B. Pemanfaatan Web Sebagai Media Layanan BK
1.
Pengertian Web secara umum
Word
Wide Web (www) atau juga lebih dikenal dengan Web merupakan salah satu layanan
yang didapat oleh pemakai computer atau ponsel yang terhubung internet. Menurut
Yuhefizar, web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet,
baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang interaktif dan mempunyai
kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya
(hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.
2.
Fungsi Website
Secara umum situs web mempunyai
fungsi sebagai berikut:
a)
Fungsi komunikasi, pada umumnya
adalah situs web yang dinamis karena dibuat menggunakan pemrograman web, maka
dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web
mail, for m contact, chatting, dan yang lain.
b)
Fungsi informasi, pada umumnya
menekankan pada kualitas bagian kontennya karena tujuansitus tersebut adalah
menyampaikan isinya. Situs tersebut biasanya berisi teks dan grafik yang dapat
di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen
bergerak, seperti shockwavedajava diyakini sebagai langkah yang tepat.
c)
Fungsi entertainment, situs web juga
dapat memiliki fungsi hiburan. Penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak
dapat meningkatkan mutu presentasi desiannya, meski tetap harus
mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan
fungsi hiburan, seperti gameonline, film online, music online, dan sebagainya.
d)
Fungsi transaksi, dijadikan sarana
transaksi jual beli dan bisnis, baik barang atau jasa. Situs web ini
menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi
elektronik.
Keterampilan konselor atau praktisi bimbingan dan konseling
dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya website
merupakan salah satu wujudprofesionalitas kerja konselor dalam pelaksanaan
program layanan. Penerapan website memiliki beberapa fungsi dan peranan umum
dalam Bimbingan konseling yaitu:
1)
Publikasi,Teknologi informasi
dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan kepada masyarakat luas dan juga sebagai
pemberi informasi mengenai BK serta implementasi layanannya.
2)
Pelayanan dan Bantuan,Bimbingan
konseling dilakukan secara tidak langsung dengan bantuan teknologi informasi.
Situs web dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk menciptakan layanan yang
lebih kreatif dan inovatif.
3)
Pendidikan,Informasi yang diberikan
melalui sarana TI ini mengandung unsur pedidikannya. Misalnya layanan BK
berbasis website yang menyajikan beragam tema tentang pengembangan pendidikan
karakter.
C. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Layanan
BK
1.
Layanan konseling melalui facebook
Facebook sebagai salah satu sarana yang ada di
internet mempunyai berbagai macam aplikasi yang dapat kita jadikan sebagai
media pembelajaran dalam pembelajaran Bimbingan Konseling. Konseling Facebook
di sini penulis artikan sebagai bantuan psikologis kepada siswa (konseli) secara online melalui Facebook agar siswa
dapat memahami, menerima, mengarahkan, mengaktualisasikan dan mengembangkan
dirinya secara optimal. Layanan yang diberikan melalui Konseling Facebook ini
bisa mencakup semua fungsi-fungsi layanan bimbingan dan konseling, baik
pencegahan, pemahaman, pengembangan, penempatan atau bahkan pengentasan.
Di bawah ini fitur-fitur facebook
yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran BK, seperti :
a.
Facebook Share
Facebook Share atau tautan,
merupakan fitur dasar di facebook. Fitur ini pastinya juga bisa digunakan
sebagai sarana untuk membantu pembelajaran. Siapapun bisa men-shareapapun
(tulisan singkat, link, gambar, video) ke semua teman-temannya. Dengan fitur
ini guru dapat mencari situs-situs atau gambar-gambar yang berhubungan dengan
pembelajaran Bimbingan dan Konseling, kemudian di share di facebook untuk
seterusnya bisa diakses oleh siswa, sehingga siswa mempunyai panduan dalam
mencari materi BK di internet, dengan share ini guru juga bisa menugaskan siswa
untuk memberikan analisis, kritik atau komentar terhadap kejadian sosial yang
berada di dalam share atau tautan tersebut.
b.
Facebook Quiz
Saat ini sudah banyak quiz-quiz yang
beredar di facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk sekedar iseng.
Fitur ini sejatinya bisa dipakai untuk melakukan quizonline. Guru bisa membuat
quiz dengan mudah kemudian menyuruh seluruh muridnya untuk mengerjakan quiz
tersebut. Guru bisa mengganti tugas yang berupa pertanyaan dengan membuat quiz
ini, di dalam quiz ini guru juga bisa menetapkan skor yang diperoleh siswa
berdasarkan jawaban yang mereka berikan.
c.
Facebook Note
Dengan sarana ini sang guru bisa
memancing murid-muridnya saling berdiskusi mengenai topik tertentu. Sang guru
cukup membuat notedi-wall kemudian men-tag ke seluruh muridnya untuk memancing
diskusi. Di bawah ini contoh tampilan note yang bisa dijadikan ajang diskuusi
oleh siswa : “Bagaimana pemahaman siswa tentang sex bebas?”
d.
Facebook Apps
Dengan fitur ini hampir segalanya
bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah gameedutainment pada
platform facebookApps ini. Salah satu contoh Facebook Appsgameedutainment yang
cukup terkenal dan banyak dimainkan adalah braind gain. Sebuah aplikasi game
untuk melatih konsentrasi siswa
e.
Up Date Status
Melalui Up Date Status, guru bisa
mengingatkan siswa tentang materi yang akan dipelajari dalam pertemuan
selanjutnya, memberi stimulus atau memberi jalan sebagai ajang diskusi melalui
“komentar”, sehingga siswa terpancing untuk berdiskusi.
f.
Forum
Fitur ini juga bisa dijadikan sarana
diskusi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa.
g.
UpLoadPhoto
Dengan fitur ini guru maupun siswa
biasa meng-upload foto atau gambar yang berhubungan dengan materi Bimbingan dan
Konseling, kemudian foto tersebut bisa di share dan dijadikan tema diskusi
dengan sarana “komentar”, berikut contoh gambar album foto yang tersedia di
facebook :
h.
Message
Melalui layanan pesan, guru bisa
memberikan tugas atau rekomendasi sumber yang bisa siswa akses di internet.
i.
Chating
Dengan adanya layanan chating di
facebook, guru dan siswa bisa memanfaatkannya untuk ajang tanya jawab ataupun
diskusi siswa dalam mengerjakan suatu tugas dari guru walaupun siswa tersebut
berada di tempat yang berbeda.
Adapun kelebihan dan kelemahan
facebook dalam layanan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut:
a.
Kelebihan facebook dalam BK
Dengan media pembelajaran facebook
siswa dilatih belajar mandiri dan tanggung jawab belajar, aktif, serta bekerja
sama dalam menyelesaikan permasalahan, kolaboratif, mengembangkan strategi
belajar, juga melatih siswa dalam penguasaan TIK, melatih penggunaan bahasa
asing, pembelajaran yang meaningfull dan engagedlearning.
b. Kelemahan facebook dalam BK
Kelemahan yang mungkin timbul dalam
sistem e-learning ini, yaitu tingginya kemungkinan gangguan belajar; sebab
sistem tersebut mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri, sehingga faktor
motivasi belajar menjadi lebih signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa.
Untuk itu diperlukan adanya semacam penasehat (counsellor) yang memantau dan
memotivasi belajar siswa agar prestasi belajarnya tidak menurun, dengan cara
mengerjakan tugas-tugas belajar sebaik-baiknya dan secara tepat waktu. Di
samping itu juga agar siswa tidak mengakses hal-hal yang tidak ada kaitannya
sama sekali dengan pelajaran atau hal-hal yang bersifat negatif (misalnya
membuka situs-situs porno.
2. Layanan Konseling melalui Twitter
A. Pengertian
Twitter
Twitter adalah suatu
situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi
pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang
maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik,
atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret
2006 oleh perushaan rintisan ObviousCorp.
Sebelum membahas
tentang Etika ber-Twitter, ada baiknya kita kenal dulu karakteristik dari
sosial media yang satu ini (twitter).
Pertama, twitter hanya mengijinkan 140 karakter (termasuk spasi) sekali
ngetweet (update status), karena itu twitter
juga disebut microblogging. Kedua, di twitter kita bisa memfollow
seseorang tanpa orang tersebut harus mem-followback kita. Ketiga, tidak ada fitur
sharing foto atau video, apalagi game. Ini penting diketahui, karena tidak
semua orang cocok dengan sebuah jenis sosial media, contohnya twitter .
Pada umumnya semua
jenis sosial media memiliki etika yang sama. Tapi karena setiap media sosial
punya karakter-karakter khusus masing-masing, maka etika-nya pun ada yang
khusus, pula. Poin penting yang menyangkut etika dalam ber-twitter, antara
lain:
1)
Jangat ngetweet kalau lagi marah! Orang yang lagi ngetweet saat
marah, kemungkinan besar akan meluapkan amarahnya tersebut melalui tweet di
twitter.
2)
Jangan berdebat di twitter, karena twitter bukan media yang ideal
untuk berdebat. Debat akan lebih cocok dilakukan di facebook dan media diskusi
online lainnya (situs forum online).
3)
Perhatikan tanda baca! Saat ini banyak orang yang sudah tidak
menggunakan tanda-tanda baca dalam menulis status atau tweet, sehingga tak
jarang orang yang salah dalam memahami hasil sebuah tweet. Usahakan baca TM
(timeline) secara utuh, sebelum mengomentari tweet orang tersebut, supaya tahu
konteksnya. Jadi tidak asal reply atau retweet (RT).
4)
Kenali followers Anda, agar
anda bisa menentukan gaya bahasa yang tepat Anda gunakan. Ini penting, karena
bisa saja follower Anda datang beragam kalangan, pendidikan dan usia.Untuk
membentuk sebuah image (personal branding), ngetweetlah seputar hal-hal yang
dikuasai. Contohnya tentang musik, marketing, olah raga, dan lain sebagainya.
5)
Dan yang terakhir adalah “beyourself” atau bahasa indonesianya
“jadi diri sendiri”.
B.
Kelebihan Twitter
1)
Tampilan Minimalis
Tampilan yang minimalis dengan fitur yang simple menjadi daya tarik
tersendiri bagi penggunanya. Bagaimana tidak, twitter sendiri hanya menyediakan
beberapa fitur penting untuk berkomunikasi. Tidak seperti facebook yang
menyediakan sejuta fitur. Twitter lebih mementingkan komunikasi daripada
jejaring sosial lainya.
2)
Background bisa diganti
Masih menyangkut
keunggulan tampilan twitter. Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengganti
background tampilan twitter sesuka hati. Dengan seperti ini pengguna tidak akan
merasa bosan dengan tampilan twitter yang itu itu terus. Ini merupakan sebuah
kekhasan twitter yang tidak ada di jejaring sosial terkemuka lainya.
3)
teman tidak terbatas
Twitter menggunakan sistem pertemanan follow. Sehingga akun
seleb atau penyanyi bisa mendapatkan followers tanpa batasan. Tidak seperti
facebook yang harus membuat halaman artis terlebih dahulu untuk mendapatkan
like yang banyak. Twitter membuat langkah lebih mudah daripada facebook.
4)
Pendaftaran mudah
Pendaftaran yang sangat mudah membuat twitter menjadi
jejaring sosial nomer 2 dunia, tidak sampai 5 menit waktu yang saya butuhkan
untuk bergabung dengan jejaring sosial ini. Untuk masalah pendaftaran saya rasa
twitter unggul dibanding medsos lainnya.
5). Fitur trending
topik
Ciri khas yang
sangat melekat dari twitter yaitu trending topik. Dengan adanya fitur ini kita
dapat selalu update dan mengikuti trending yang dapat kita atur sesuai negara
kita. Menurut saya trending topik sangat membantu saya untuk selalu update
dengan keadaan terkini.
2. Kekurangan Twitter
a. Penggunaan yang rumit
Penggunaan twitter
bisa dibilang rumit, karena tidak semua anggota baru twitter langsung mengerti
semua cara penggunaan twitter. Banyak kata asing atau istilah baru di twitter,
seperti retweet, favorit, mention dan lain-lain. Bagi yang belum mengerti sama
sekali tentang twitter mungkin menjadi kekurangan tersendiri yang harus
diperbaiki twitter.
b.
Tidak ada hiburan
Mungkin ini yang
menjadikan twitter tidak sepopuler facebook. Twitter tidak menyediakan hiburan
seperti permainan. Sehingga pengguna twitter hanya sebatas remaja hingga orang
dewasa. Tidak seperti facebook yang penggunanya juga anak-anak.
c.
Banyak akun palsu
Kayaknya ini sudah
menjadi nasib jejaring sosial yang banyak pengguanya, yaitu banyak akun palsu.
Kita memerlukan yang namanya “nama pengguna” agar kita tidak terjebak dengan
akun yang kita cari.
B. Tujuan Layanan
Bimbingan Konseling Menggunakan Twitter
a)
Akan meningkatkan kreativitas, meningkatkan keingintahuan dan
memberikan variasi pengajaran, sehingga kelas akan menjadi lebih menarik;
b)
Akan meningkatkan kunjungan
ke web site, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan siswa;
c)
Konselor akan memiliki pandangan yang baik dan bijaksana terhadap
materi yang diberikan;
d)
Akan memunculkan respon yang positif terhadap penggunaan blog
e)
Tidak akan menimbulkan kebosanan;
C. Metode pelayanan konseling melalui Twitter
a)
Seorang konselor membuat sebuah postingan yang memberitahuan
tentang layanan yang di tawarkan,
b)
Jika telah terjadi
kesepakatan buat janji untuk melakukan chatting.
c)
Saat ada pesanyang masuk
segera balas, saat terjadi katerlambatan
membalas usahakan mengucapkan maaf terlebih dahulu
d)
Balas pesandengan kalimat yang formal
e)
Dahului dengan sapaan yang
sopan bapak /ibu
f)
Jika mengunakan singkatan
gunakan singkatan yang umum.
g)
Akhiri pesan dengan nama
anda dan instansi anda bekerja, dan ucapan terima kasih.Sebelum membahas tentang Etika ber-Twitter, ada baiknya kita kenal
dulu karakteristik dari sosial media
yang satu ini (twitter). Pertama, twitter hanya mengijinkan 140 karakter
(termasuk spasi) sekali ngetweet (update status), karena itu twitter juga disebut microblogging. Kedua, di twitter
kita bisa memfollow seseorang tanpa orang tersebut harus mem-followback kita.
Ketiga, tidak ada fitur sharing foto atau video, apalagi game. Ini penting
diketahui, karena tidak semua orang cocok dengan sebuah jenissosial media,
contohnya twitter .
Pada umumnya semua jenis sosial
media memiliki etika yang sama. Tapi karena setiap media sosial punya
karakter-karakter khusus masing-masing, maka etika-nya pun ada yang khusus,
pula. Poin penting yang menyangkut etika dalam ber-twitter, antara lain:
a. Jangat ngetweet kalau lagi marah! Orang yang lagi ngetweet saat
marah, kemungkinan besar akan meluapkan amarahnya tersebut melalui tweet di
twitter.
b.
.Jangan berdebat di twitter, karena
twitter bukan media yang ideal untuk berdebat. Debat akan lebih cocok dilakukan
di facebook dan media diskusi online lainnya (situs forum online).
c.
Perhatikan tanda baca! Saat ini banyak orang
yang sudah tidak menggunakan tanda-tanda baca dalam menulis status atau tweet,
sehingga tak jarang orang yang salah dalam memahami hasil sebuah tweet.
Usahakan baca TM (timeline) secara utuh, sebelum mengomentari tweet orang
tersebut, supaya tahu konteksnya. Jadi tidak asal reply atau retweet (RT).
d.
Kenali followers Anda, agar anda
bisa menentukan gaya bahasa yang tepat Anda gunakan. Ini penting, karena bisa
saja follower Anda datang beragam kalangan, pendidikan dan usia.Untuk membentuk
sebuah image (personal branding), ngetweetlah seputar hal-hal yang dikuasai.
Contohnya tentang musik, marketing, olah raga, dan lain sebagainya.
e. Dan yang terakhir adalah
“beyourself” atau bahasa indonesianya “jadi diri sendiri”.
3. Email Therapy
Biasa juga disebut sebagai terapi
email. Saat ini, surat dapat diantarkan dengan kecepatan cahaya melalui
internet, dan email konseling, secara bersamaan telah ditawarkan dalam
konseling yang menggunakan teknologi internet lainnya, yang lebih dikenal
sebagai online konseling atau online terapi (Mulhauser: 2005). Terapi email
sendiri merupakan suatu proses menulis tentang permasalahan yang dialami dan
dirasakan oleh konseli yang bisa dijadikan sebagai bentuk terapetik bagi
dirinya sendiri. Metode hubungan terapetik melalui email konseling, tidak
mengenal waktu, artinya bisa dilakukan kapanpun, tidak mengenal tempat secara
fisik, konseli tidak perlu mendatangi konselor, tetapi cukup berhubungan melalui
internet. Bagi konselor sendiri, memiliki rekaman konseling yang cukup
terperinci, karena semua tersimpan dalam bentuk data tertulis (Hongkong Young
Woman Christian Assocation).
Dalam email konseling, konseli
mengirimkan pesan melalui email kepada konselor mengenai permasalahan yang
dihadapinya, kemudian konselor memberikan respon balik secara profesional
melaui email. Konseling melalui email, memberikan pelayanan konseling yang
lebih pribadi dalam hubungan satu sama lain antara konselor dengan konseli.
Menurut Elleven dan Alen (2003), model komunikasi dalam bentuk ini lebih
efisien,karena hampir seluruh konseli yang mencari bantun layanan konseling
melalui internet memilikinya Terdapat dua jenis email, yaitu email standar dan
web mail. Email standar adalah email yang pada umumnya dimiliki oleh individu,
dalam email standar memerlukan program email, contohnya email konselor dengan
alamat nabilah@konseling.com mengirimkan email konseling kepada konselinya yang
menggunakan email lembaga dengan alamat neru@universitas.edu, maka terjadi
transmisi data dari mail server mail.konseling.com dengan identitas nabilah
kepada mail server mail.universitas.edu yang ditujukan kepada pengguna dengan
identitas neru. Dalam hal ini, email tidak langsung terkirim ke komputer
pengguna, akan tetapi terlebih dahulu terjadi proses pengiriman dari server ke
server, selanjutnya dari server ke pengguna, email akan tersimpan di server.
Sementara itu server dikelola oleh pihak lain yang juga memiliki otoritas untuk
membuka email.
4. Pemanfaatan aplikasi Messenger
Whatsapp sebagai media BK
Saat
ini teknologi informasi dan komunikasi semakin canggih. Berbagai aplikasi
dibuat dam dikembangkan dengan beragam manfaat dan kegunaan. Dengam adanya
aplikasi ini konselor bisa memanfaatkannya sebagai media melakukan bimbingan
konseling. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah media sosial
whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi messenger untuk berkomunikasi secara online
tanpa biaya SMS, mengirim foto, video, dokumen, audio, membagikan lokasi dan
kontak.
DAFTAR PUSTAKA
Ifdil, (2012). “Penyelenggaraan
Konseling Online”.Makalah pada Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling.
Simarmata. (2006). Pengenalan
Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
William, dan Sawyer. 2003.
pengertian- teknologi- informasi. [online]. Tersedia: hhtp://id.shvo ong.com [8
Mei 2014 pukul 13.56 WIB]
Komentar
Posting Komentar